Cara Mempercepat Browser Google Chrome

Hampir semua pengguna laptop menggunakan Google Chrome sebagai browser utama. Namun, seiiring waktu berjalan, kita merasa browser chrome terasa berat dan lemot ketika berselancar di internet.

Tentu kejadian itu membuat kita jengkel apalagi memakan waktu yang lama saat mengakses sebuah situs internet. Padahal paket internet atau wifi normal dan tidak ada gangguan sama sekali.

Sebelumnya kang ponsel sudah membahas cara mempercepat koneksi internet di laptop secara umum. Namun kali ini akan membahas cara mempercepat akses browser google chrome sehingga akses internet lancar, cepat dan ringan.

4 Cara Mempercepat Akses Browser Google Chrome

Maksud dari mempercepat akkses google chrome disini meliputi kecepatan akses internet, keringanan ketika membuka tab baru dan berbagai aktivitas lainnya.

1. Melakukan Update Browser

Google Chrome mengalami penurunan kecepatan diakibatkan beberapa hal, biasanya yang utama adalah karena kita tidak memperbaharui (update) browser google chrome.

Tentu dengan melakukan update, browser akan memperbaiki bug dan beberapa fitur yang di update. Sehingga browser akan terasa ringan dan berdampak terhadap kecepatan akses internet dan aktivitas lainnya.

2. Non-Aktifkan Ekstensi yang tidak perlu

Ekstensi adalah alat bantu untuk memaksimalkan fitur dan fungsi dari browser google chrome. Artinya, dengan menginstall ekstensi, kita bisa mengakses dan menggunakan fitur chrome yang tersedia.

Namun, menginstall atau memasang ekstensi yang terlalu banyak sangat mempengaruhi keringan akses dari browser. Berbagai ekstensi yang terpasang akan aktif dan berjalan di latar belakang, sehingga mempengaruhi kecepatan akses halaman situs yang dikunjungi dan menguras paket data internet atau wifi yang digunakan.

Untuk memperlancar dan membuat ringan browser, sebaiknya hapus ekstensi yang tidak terlalu penting. Jika suatu waktu dibutuhkan, kita bisa memasangnya kembali.

Gunakan beberapa ekstensi saja yang dirasa penting dan utama demi menjaga performa kecepatan dan keringanan dari browser google chrome.

Berikut cara menonaktifkan extensions yang terpasang di chrome.

  1. Kunjungi chrome://extensions/
  2. Silahkan pilih ekstensi yang ingin di nonatifkan (jika masih dirasa penting namun belum digunakan), dan pilih hapus ekstensi (jika sudah tidak digunakan lagi).
  3. Selesai, silahkan cek kecepatan akses browser.

Baca juga: Cara Mengatasi LAN Setting Tidak Bisa di Klik

3. Hapus Aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan

Google Chrome bukan hanya web browser, namun juga sebagai platform aplikasi untuk berbagai aplikasi web. Biasanya aplikasi yang terpasang seperti Google Maps, Google Calender, Spreadsheet dan sebagainya.

Demi memperlancar browser, Anda bisa menghapus sementara beberapa aplikasi yang sudah tidak perlu.

Berikut cara menghapus aplikasi web yang terpasang di chrome.

  1. Silahkan kunjungi chrome://apps/
  2. Anda akan melihat berbagai aplikasi web yang pernah Anda gunakan.
  3. Silahkan klik kanan pada aplikasi yang ingin dihapus, dan pilih Hapus dari Chrome. Cara Mempercepat Browser Google Chrome
  4. Selesai, maka browser akan terasa lebih ringan.

Baca juga: Cara Mengatasi File MS. Word yang Corrupt

4. Clear Histori Chrome

Setiap kali kita mengakses halaman web, maka semuanya akan masuk ke history chrome. Tentu akan mempergemuk file data dari browser sehingga membuat akses browser lebih berat dan lemot.

Anda bisa melakukan delete histori chrome untuk mengembalikan browser google chrome layaknya baru di install. Sehingga browser akan terasa ringan dan cepat dari sebelumnya.

Demikian 4 Cara mempercepat browser google chrome agar lebih cepat dan ringan. Semoga bisa membantu Anda dalam meningkatkan akses browser google chrome yang lebih cepat dan ringan.

Tinggalkan komentar