Penyebab Baterai HP Kembung

Pernahkah mendengar bahkan mengalami baterai hp kembung? Apa penyebab baterai hp menjadi kembung? Hal itu terjadi karena adanya pembengkakan pada sebuah baterai hp atau ponsel sehingga menyebabkan performa berkurang dan tentu penggunaannya menjadi lebih boros.

Baterai hp kembung bisa terjadi pada semua merk dan tipe smartphone. Berapapun harganya dan sebagus apapun kualitas hp nya, bisa saja semua hp mengalaminya. Semua tergantung bagaimana cara kita merawat baterai hp dan merawat hp itu sendiri.

Kali ini kang ponsel akan membahas apa saja penyebab baterai hp menjadi kembung dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk simak!

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP Kembung

1. Memakai HP ketika Sedang di Charge

Kenapa bermain hp ketika sedang di charge bisa menyebabkan baterai hp kembung?

Saat kondisi daya baterai sedang melemah (sekitar 20% kebawah), itu tentu akan menyebabkan performa hp berkurang sehingga perlu dilakukan pengisian daya baterai. Harusnya, kita tidak dianjurkan menggunakan hp ketika proses pengisian daya sedang berlangsung.

Bagaimana jika memakai hp saat di charge? Tentu komponen atau mesin hp akan bekerja lebih maksimal dari sebelumnya.

Baterai masih dalam proses pengisian daya, namun kita paksa untuk bekerja sesuai keinginan kita. Terlebih jika kita bermain social media seperti facebook, instagram dan WhatsApp yang membutuhkan koneksi internet.

Jika dilakukan berulang kali dalam waktu yang lama, maka hp akan menjadi panas, baterai hp menjadi kembung bahkan bisa menyebabkan hp meledak jika suhu panas berlebih.

Sekarang, bagaimana cara mencegah dan mengatasi baterai hp yang kembung? Tentu kita harus benar dalam melakukan pengisian daya baterai, salah satunya jangan menggunakannya ketika sedang di charge. Silahkan baca selengkapnya Cara Ngecas HP yang Benar

2. Membiarkan Charge Baterai HP Terlalu Lama

Maksudnya terlalu lama disini adalah ketika pengisian baterai sudah mencapai 100% (penuh), namun pengisian daya baterai masih berlangsung.

Kebanyakan itu terjadi ketika pengisian daya baterai hp di waktu malam hari dan kita malah tidur. Jika dilakukan secara terus menerus, baterai hp menjadi kembung karena mengalami pembengkakan bahkan hp bisa meledak karena kelebihan daya listrik.

Bagaimana mengatasinya? Kita harus tahu berapa waktu yang dibutuhkan hp kita untuk melakukan pengisian daya baterai sampai penuh. Apakah 2 jam, 3 jam atau 4 jam.

Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir walaupun melakukan charge hp ketika kita hendak tidur. Kita bisa menyesuaian dan harus bangun sesuai waktu pengisian baterai hp sampai penuh. Silahkan baca Cara Merawat Baterai HP Agar Awet

3. Gunakan Charger HP Original (Asli)

Setiap smartphone disarankan untuk menggunakan charger original demi menjaga keawetan hp dan baterai hp. Alasannya adalah karena kepala charger, kabel charger dan hp tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisah. Jika ada satu yang bukan aslinya, maka akan ada resiko seperti proses pengisian baterai lebih lama, hp menjadi panas bahkan baterai hp menjadi kembung. Baca juga Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Mulai sekarang, gunakanlah charger orginial, jangan gunakan charger lain apalagi menggunakan power bank.

Demikian 3 Penyebab Baterai HP Kembung dan Cara Mengatasinya. Semoga bisa membantu dan bisa menjadi referensi dalam merawat hp agar tahan lama dan awet.

Kategori Android

Tinggalkan komentar